Untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa perlu mengetahui tingkatan kemampuan berpikir matematika. Shefer dan Foster (1997) mengajukan tiga tingkatan kemampuan berpikir matematika, yaitu : tingkatan reproduksi, tingkatan koneksi, dan tingkatan analisis. Masing-masing tingkatan terdiri atas komponen-komponen sebagai indikatornya, yaitu sebagai berikut:
Tingkatan I Reproduksi
- Mengetahui fakta dasar
- Menerapkan algoritma standar
- Mengembangkan keterampilan teknis
Tingkatan II Koneksi
- Mengintegrasikan informasi
- Membuat koneksi dalam dan antar domain matematika
- Menetapkan rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikanma salah
- Memecahkan masalah tidak rutin
Tingkatan III Analisis
- Matematisasi situasi
- Melakukan analisis
- Melakukan interpretasi
- Mengembangkan model dan strategi baru
- Mengembangkan argumen matematika
- Membuat generalisasi.
Tingkatan kemampuan matematika di atas dapat digunakan selain untuk mengevaluasi penekanan proses pembelajaran yang selama ini dilakukan, juga menyusun instrumen (soal tes) yang dimaksudkan untuk mengetahui tingkatan kemampuan matematika siswa. Setelah kita dapat mengidentifikan tingkat kemampuan siswa, maka upaya-upaya meningkatkan kemampuan berpikir matematik dapat dilakukan dengan berpedoman pada komponen kemampuan pada tingkatan berikutnya
Untuk baca lanjutannya silahkan download di sini : http://www.4shared.com/office/4AyDJ42m/Penalaran_Matematika_SMP.html
Atau download di DOCSTOC : http://www.docstoc.com/docs/162627892/Penalaran-Matematika-SMP
Jika di DOCSTOC tidak bisa di download , silahkan baca trik download dari DOCSTOC di postingan ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar