CARI FILE ATAU DOKUMEN LAINNYA MENGGUNAKAN KOTAK PENCARIAN DI BAWAH INI

CARI FILE ATAU DOKUMEN LAINNYA

METHODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

METHODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS | METODE, PENDEKATAN(APPROACH), DESIGN & PROSEDUR 

Apa itu Methode ?Metode adalah keseluruhan rencana  untuk menyampaikan secara  tepat  materi bahasa,yang  didasarkan pada pendekatan (approach) dan prosedur yang dipilih. Ini mencakup tiga bagian1. Pendekatan (approach)2. Desain3. Prosedur.

Apakah Pendekatan (approach)?Pendekatan berkaitan dengan teori Sifat Bahasa dan Belajar Bahasa. 
Apa itu Desain?1. Desain  menyangkut  tujuan tertentu  saja.2. Sebuah model silabus3. Jenis belajar dan  tugas.4. Peran peserta didik dan guru5. Peran materi pembelajaran. 
Apa Prosedur ?Prosedur adalah proses sebenarnya di dalam kelas teknik, praktik dan perilaku.

Jenis Methode yang  umum dikenal :

THE GRAMMAR - METODE TRANSLATIONThe (Grammar Translation Method) adalah teknik lintas lingual. Hal ini digunakan dalam pembelajaran bahasa. Grammar diberikan lebih penting dalam metode ini. Peserta didik memahami aturan-aturan tata bahasa yang lebih baik. Latihan dalam metode ini menempatkan pelajar dalam situasi pemecahan masalah aktif. Di sekolah-sekolah, para guru sering mengikuti metode tradisional teknik penerjemahan. Ini adalah cara mudah untuk menjelaskan hal-hal. Grammar diajarkan secara induktif. Bahasa ibu adalah pengantar.Langkah-langkah yang digunakan  dalam Grammar Translation Method1. Guru meminta siswa untuk membaca beberapa baris dari teks.  mereka k menerjemahkan ke L1 (bahasa ibu) dan  membantu mereka dengan kata-kata baru.2. Guru menjawab semua pertanyaan mereka dalam L13. Para siswa menulis jawaban untuk pertanyaan4. Jawaban diperiksa oleh siswa sendiri . Kesalahan yang dikoreksi oleh gurumenggunakan  L15. Para siswa diminta untuk menerjemahkan kata-kata yang tercantum dalam L1 mereka. Guru membantu mereka dalam sinonim, antonim dan Makna kata-kata ini.6. Guru memberikan  latihan tata bahasa dan ia menyajikan aturan tata bahasa. Para siswa melakukan latihan dan menerjemahkan kalimat ke L1.7. Para siswa menerjemahkan baris dari teks ke L1. Mereka menghafal membacakan kata-kata dan kalimat yang terdaftar frame untuk item kosa kata.8. Siswa menulis komposisi berdasarkan bacaan. 
Kelemahan metode ini :GTM ini telah digunakan selama 100 tahun 1840-1940.
1. Sulit  untuk menghasilkan ungkapan lisan dalam bahasa Inggris.2. Siswa merasa bosankan karena mereka harus menghafal kata-kata dan aturan.3.  tidak mengembangkan kepercayaan di antara peserta didik.4. Penggunaan L1 lebih dominant di kelas.5. Tidak ada hubungan antara kata-kata teks dan situasi kehidupan nyata.6. Pelajar tidak dapat menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi7. Metode ini difokuskan hanya dalam membaca dan menulis.

DIRECT METODEFitur yang menonjol dari DIRECT METHODE1. Penggunaan kosakata dan struktur  adalah obyek pengajaran bahasa.2. Pelajar diharapkan untuk menggunakan bahasa dengan situasi sbenarnya.3. Keterampilan lisan dikembangkan dalam metode ini. (sesi tanya-jawab, latihan dan latihan intensif Interaksi).
4. Grammar diajarkan secara induktif5. berfokus pada belajar bahasa kedua dengan cara alami.6. Arti konkret diajarkan melalui pendekatan situasional. Makna dari sebuah kata tidak diberikan dalam L1 & L2.7. Makna abstrak diajarkan melalui asosiasi /perumpamaan.8. Keterampilan baik lisan dan mendengarkan diajarkan.9. Metode terjemahan dihindari.10.bertujuan untuk pronounciation yang tepat.11. Keterampilan menulis bukan merupakan tujuan utama.Metode Langsung diperkenalkan di Perancis dan Jerman. Di AS, itu dikenal sebagai Metode Berlitz. Tujuan utama dari metode ini adalah untuk membantu para siswa untuk berbicara bahasa target (L2) lancar dan benar.Dalam metode ini, teks singkat disajikan dan kata-kata yang sulit dijelaskan dalam L2 kepada peserta didik. Pemahaman diuji dengan pertanyaan dan siswa belajar aturan tata bahasa sendiri. Sesi tanya jawab, latihan interaksi, latihan kelas intensif, dikte, komposisi bebas, pengucapan yang dilakukan di dalam kelas untuk mengembangkan dan memperkuat L2. 
Kelemahan :• prosedur dan teknik  sulit.• Guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan kata-kata sulit.• Kefasihan dalam L2 diperlukan.• Tidak ada seleksi dan grading kosakata dan struktur.• berhasil  di sekolah bahasa swasta tetapi tidak di sekolah menengah umum.•  waktu dan kesempatan yang tersedia di kelas terbatas.

THE BILINGUAL METODEDr.C.J.Dadson mengembangkan metode Bilingual. Metode ini membutuhkan L1 dan L2. Pendekatan ini dimulai dari Bilingual dan menjadi monolingual pada akhir pelajaran. Guru menggunakan kedua bahasa ibu (L1) dan bahasa target (L2) di kelas. Ini dapat dianggap sebagai kombinasi dari Metode Langsung dan Metode Grammar Translation.Prinsip-prinsip diikuti dalam metode ini adalah:• Setiap Bahasa asing atau bahasa kedua dapat dipelajari dengan bantuan L1.• Bahasa ibu tidak digunakan sebagai Terjemahan.• Guru hanya menggunakan L1 di ruang kelas• siswa tidak diperbolehkan untuk menggunakan bahasa ibu mereka.• L1 digunakan oleh guru untuk mencapai komunikasi atau penjelasan.• Guru memberi makna dalam L1 untuk bagian bermakna atau kalimat.• Ketika siswa mencapai kemampuan komunikatif yang memadai, L1 tidak lagi digunakan oleh guru.

Kelemahan  :• Fokusnya adalah pada struktur tata bahasa tidak pada percakapan sehari-hari• Guru harus mahir (fasih) di L1 dan L2.
• Siswa menjadi tergantung pada bahasa ibu mereka• Metode dan prosedur tidak berbeda

 
COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT)CLT adalah pendekatan fungsional untuk belajar bahasa. Pada tahun 1972, kursus bahasa ini diusulkan di Eropa. Tujuan utama adalah untuk mengembangkan kompetensi komunikatif pelajar. Kebutuhannya memahami dan mengekspresikan di L2 adalah fokus utama dari metode ini.TUJUAN CLT:1. Untuk menghasilkan kompetensi komunikatif yang efektif pada peserta didik.2. Fokusnya adalah pada makna dan fungsi bahasa.3. Lebih penting pada peserta didik dan pembelajaran nya.4. Bahasa diperoleh di CLT.5. Guru adalah fasilitator dalam penguasaan bahasa.6. melibatkan peserta didik dalam proses lewat 'belajar pemecahan masalah, tugas, partisipasi dan interaksi.7. Semua empat keterampilan LSRW (Listening, Speaking, Reading,Writing) diperlakukan sama.CLT melibatkan banyak kegiatan kelas seperti kerja kelompok, kerja berpasangan, permainan bahasa, bermain peran, sesi tanya jawab. Hal ini tidak terbatas pada setiap set buku teks. Para peserta didik sebagian besar diperkenalkan tugas berbasis dan pemecahan masalah situasi.

Kelemahan :1. Tidak menggunakan  metode yang seragam2. Berbagai teknik digunakan dalam proses pembelajaran3. banyak peran yang ditugaskan untuk guru

1 komentar:

Unknown mengatakan...

saya izin copy ya pak, untuk bahan perbandingan metode kursus, terima kasih..