CARI FILE ATAU DOKUMEN LAINNYA MENGGUNAKAN KOTAK PENCARIAN DI BAWAH INI

CARI FILE ATAU DOKUMEN LAINNYA

Guru Proffesional | Rahasia Guru Proffesional

Guru profesional adalah guru yang meramu kualitas dan integritasnya. Mereka tidak hanya memberikan pembelajaran bagi peserta didiknya tapi mereka juga harus menambah pembelajaran bagi mereka sendiri karena jaman terus berubah. Guru Proffesional harus terus meningkatkan kemampuan serta keterampilannya dalam berbagai bidang.Tidaklah berlebihan jika beberapa komponen masyarakat bergembira terlebih kalangan guru dengan disyahkannya UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD). Karena undang-undang tersebut memberi gambaran arah paradigma baru dunia pendidikan.

Bagi guru, memberi perhatian dan perlindungan khusus terhadap mutu dan kesejahteraannya. Dalam dunia pendidikan bahwa pertimbangan disyahkannya undang-undang tersebut untuk peningkatan mutu guru demi menjamin peningkatan mutu pendidikan. Harapan peningkatan mutu dan kesejahteraan guru inilah yang membuat orang berharap akan peningkatan mutu pendidikan melalui UUGD tersebut.

Untuk menjadi guru professional ,menurut UU RI No. 20/2003 tentang SISDIKNAS, UU RI No 14/2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemerintah RI No 19/2005 tentang Standar nasional Pendidikan, harus memiliki 2 kreteria utama yaitu :

1. Kualifikasi Akademik.
Syarat menjadi guru profesional menurut perspektif UUGD adalah harus memiliki kualifikasi akademik yang sesuai, yaitu minimal Sarjanaatau Diploma IV

2. Kompetensi Dasar Guru.
Kompotensi guru sebagaimana dijabarkan pada pasal 10 ayat 1 adalah menyangkut kompetensi pedagogik, kompetensi keperibadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Kalau kualifikasi akademik, saya yakin semua guru bisa mencapai tingkat sarjana atau diploma IV, trus..bagaimana dengan kompetensi akademik. ? Nah kalau yang ini tampaknya belum deh...karena belum semua guru memiliki kompetensi atau kemampuan yang merata atau minimal belum mengembangkan kompetensinya secara maksimal.

Oke lah kalau begitu...... pada postingan yang akan datang saya akan menuliskan beberapa kompetensi yang wajib dan harus dimiliki dan dikembangkan oleh mereka yang ingin menjadi Guru Proffesional.


6 komentar:

agungnya kori mengatakan...

kebanyakan penyakit guru adalah TBC (tidak bisa computer) dan asma (asal masuk). trus sepertinya masih banyak guru yang belum sanggup menerima kritik, ya pak? sebetulnya masih banyak yang harus kita siapkan untuk menuju proffesional, termasuk saya...
salam dari purworejo

TRI MC mengatakan...

he...he..anda benar.tapi tergantung lagi kepada gurunya untuk bisa mengembangkan kemampuan dirinya sendiri.kalua orang lain bisa mengapa kita tidak...

Anonim mengatakan...

Blog anda isinya bagus, tapi fontnya perlu diatur lagi biar mudah dibaca. Font size, contrast mohon diseting lagi. Ok. Good luck for you.

TRI MC mengatakan...

thanks atas masukannya..

Ozzy mengatakan...

jadi..guru itu memang tidak mudah, selain kecerdasan intelektual,emosional bahakan spiritual harus sangat diperhatikan klo itu sdh seimbang atau minimalnya mau dan ada usaha kearah situ pasti guru profesional gampang terwujud..
salam dr cianjur

TRI MC mengatakan...

salam juga dari Singkawang.