CARI FILE ATAU DOKUMEN LAINNYA MENGGUNAKAN KOTAK PENCARIAN DI BAWAH INI

CARI FILE ATAU DOKUMEN LAINNYA

KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

Mengajar adalah satu pekerjaan professional yang menuntut kemampuan yang kompleks untuk dapat melakukannya.Sebagaimana halnya pekerjaan professional yang lain, pekerjaan seorang guru menuntut keahlian tersendiri sehingga tidak setiap orang mampu melakukan pekerjaan tersebut sebagaimana mestinya. Ada seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru. Perangkat kemampuan tersebut disebut kompetensi guru.Agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, guru dipersyaratkan untuk menguasai keterampilan dasar mengajar , yang merupakan salah satu aspek penting dalam kompetensi guru.

Keterampilan dasar mengajar merupakan satu keterampilan yang menuntut latihan yang terprogram untuk dapat menguasainya.Penguasaan terhadap keterampilan ini memungkinkan guru mampu mengelola kegiatan pembelajara secara lebih efektif. Keterampilan dasar mengajar bersifat generik, yang berarti bahwa keterampilan ini perlu dikuasai oleh semua guru. Dengan pemahaman dan penguasaan keterampilan dasar mengajar, guru diharapkan mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh C. Turney, terdapat 8 ketermpilan dasar mengajar yang dianggap menentukan keberhasilan pembelajaran. Keterampilan yang dimaksud adalah :
1. Keterampilan bertanya
2. Keterampilan memberikan penguatan
3. Keterampilan mengadakan variasi
4. keterampilan menjelaskan
5. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
6. Keterampilan membimbing kelompok diskusi kecil
7. Keterampilan mengelola kelas
8. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
(Turney,C.(1979). Sydney micro skills. Series 1. Sydney:Sydney University Press.)

Dengan menguasai kedelapan keterampilan tersebut, kemampuan guru dalam megajar akan semakin mantap. Namun semuanya tidak akan terjadi jika seorang guru tidak mau berlatih menerapkan keterampilan tersebut.

Sumber gambar :  igi.go.id

Tidak ada komentar: