CARI FILE ATAU DOKUMEN LAINNYA MENGGUNAKAN KOTAK PENCARIAN DI BAWAH INI

CARI FILE ATAU DOKUMEN LAINNYA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING

Penelitian yang berjudul PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP ini dilakukan oleh Leo Adhar Effendi , Mahasiswa S2 Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana UP,bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing dan pembelajaran konvensional.

Sampel dari penelitian adalah 71 siswa kelas VIII yang berasal dari dua kelas pada salah satu SMP negeri di Bandung. Kedua kelas diberikan pretes dan postes.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa:
1. Secara keseluruhan peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalahmatematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Bila memperhatikan kemampuan awal matematis, pada kemampuan awal sedang dan tinggi peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalahmatematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Akan tetapi, pada kemampuan awal rendah peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalahmatematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional tidak berbeda signifikan.
2. Peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalahmatematis siswa berbeda signifikan antarkemampuan awal matematis. 
3. Terdapat interaksi yang signifikan antara faktor pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan representasi dan pemecahan masalahmatematis.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca dan download di sini : http://jurnal.upi.edu/

Tidak ada komentar: