CARI FILE ATAU DOKUMEN LAINNYA MENGGUNAKAN KOTAK PENCARIAN DI BAWAH INI

CARI FILE ATAU DOKUMEN LAINNYA

Interaksi Belajar Mengajar

Pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas tentang Interaksi Belajar Mengajar, sebab untuk menjadi guru yang professional tentu harus memahami apa itu Interaksi Belajar Mengajar dalam proses pembelajaran, faktor faktor apa saja yang mempengaruhi dan bagaimana penerapannya.
Secara sederhana Interaksi Belajar Mengajar adalah suatu kegiatan yang bersifat interaktif dari berbagai komponen untuk mencapai tujuan atau hasil belajar pembelajaran. Dimana komponen komponen Interaksi Belajar Mengajar terdiri dari : faktor guru, faktor siswa, faktor kurikulum dan faktor lingkungan.
Di dalam Interaksi Belajar Mengajar, guru memegang kendali utama untuk keberhasilan tercapainya tujuan. Oleh sebab itu guru harus memiliki keterampilan mengajar, mengelola tahapan pembelajaran, memanfaatkan metode menggunakan media dan mengalokasi waktu. Kelima hal ini merupakan pendekatan guru di dalam Interaksi Belajar Mengajar untuk mengkomunikasikan tindakan mengajarnya, demi tercapainya tujuan pembelajaran
Siswa di dalam Interaksi Belajar Mengajar adalah subyek yang akan mencapai tujuan pembelajaran dalam bentuk hasil belajar. Setiap siswa memiliki karakteristik umum dan khusus yang harus diketahui oleh guru. Karakteristik siswa secara khusus dapat dilihat dari berbagai sudut, antara lain dari sudut gaya belajarnya,
Selanjutnya faktor dalam Interaksi Belajar Mengajar adalah faktor Kurikulum. Di dalam kurikulum setiap mata pelajaran dituangkan kompetensi, indikator pencapaian dan materi pelajaran. Kompetensi dan indikator merupakan tujuan pembelajaran dalam bentuk perilaku (hasil belajar) yang harus diukur dengan menggunakan berbagai teknis dan alat penilaian. Sedangkan materi pelajaran dalam kurikulum harus diorganisasikan untuk memudahkan siswa memahaminya
Faktor terakhir dalam Interaksi Belajar Mengajar adalah faktor lingkungan. Lingkungan merupakan konteks terjadinya penglaman belajar, dapat berupa lingkungan fisik (kelas, laboratorium, tata ruang, situasi fisik yang ada disekitar kelas ) dan lingkungan non fisik (cahaya, ventilasi, suasana belajar, musik latar).
Lingkungan fisik dapat difungsikan sebagai sumber belajar yang direncanakan atau yang dimanfatkan. Sedangkan lingkungan non fisik difungsikan untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif
Well…..cukup dulu deh bahasannya tentang Interaksi Belajar Mengajar. Next time kita tambah lagi yang lainnya.

Tidak ada komentar: